Blog

Bestprofit | Uni Eropa Jatuhkan Sanksi Baru terhadap Korea Utara

Bestprofit (18/10) – Uni Eropa telah memberlakukan sanksi baru terhadap Korea Utara sebagai upaya menghukum negara tersebut atas program senjata nuklir dan rudalnya.
Para Menteri Luar Negeri Uni Eropa pada Senin 16 Oktober 2017 sepakat untuk melarang sepenuhnya investasi Uni Eropa di Korut.
Mereka juga melarang penjualan minyak dan produk minyak sulingan ke Korut, sebuah langkah yang bersifat simbolis dengan tujuan mendesak negara-negara yang memiliki perdagangan lebih signifikan dengan Pyongyang agar mengikuti langkah tersebut.
Para Menlu Uni Eropa juga setuju untuk memangkas jumlah uang yang bisa dikirim orang ke Korut dari US$ 17.700 menjadi US$ 5.900. Alasannya, mereka yakin uang kiriman tersebut digunakan untuk mendukung program senjata Pyongyang. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia pada Rabu (18/10/2017). bestprofit
 
Sebagai bagian dari sanksi baru tersebut, warga Korut yang bekerja di Uni Eropa tidak akan dapat memperbarui izin kerja mereka saat kedaluwarsa, kecuali pengungsi dan mereka yang membutuhkan perlindungan internasional.
Langkah tersebut juga menambahkan larangan bepergian dan pembekuan aset tiga pejabat tinggi Korut dan enam perusahaan.
Uni Eropa mengatakan langkah-langkah baru ini diambil karena “ancaman terus-menerus terhadap perdamaian dan stabilitas internasional” yang ditimbulkan pemerintah Korut.
Wakil Duta Besar Korea Utara untuk PBB pada hari Senin memperingatkan bahwa perang nuklir di Semenanjung Korea dapat terjadi kapan saja. bestprofit
 
Seperti dikutip dari Telegraph, di hadapan Komite Perlucutan Senjata PBB, Kim In-ryong mengatakan bahwa Korut merupakan satu-satunya negara di dunia yang telah mengalami ancaman nuklir ekstrem dan langsung dari Amerika Serikat sejak tahun 1970-an.
Ia pun menegaskan bahwa pihaknya memiliki hak untuk memiliki senjata nuklir dalam rangka membela diri.
Diplomat Korut itu pun merujuk pada latihan militer skala besar antara AS dan sekutunya yang melibatkan “kekuatan nuklir”. Menurutnya, yang lebih berbahaya adalah rencana AS untuk melakukan operasi rahasia yang bertujuan menyingkirkan pemimpin tertinggi Korut”
Lebih lanjut, Kim In-ryong menjelaskan bahwa negaranya telah menyelesaikan pembangunan nuklir, dan dengan demikian, Korut telah menjadi kekuatan nuklir penuh yang memiliki sarana pengiriman berbagai jenis rudal, termasuk bom atom, bom hidrogen dan rudal balistik antarbenua (ICBM).
“Seluruh daratan utama AS berada dalam jangkauan tembak kami dan jika AS berani menyerang wilayah kami, satu inci sekali pun, maka mereka tidak akan lolos dari pembalasan kami meski di belahan dunia mana pun,” ungkap Kim In-ryong. bestprofit
 
Sumber : Liputan6
Advertisements

Best Profit | Apakah Hong Kong tempat favorit pencucian uang Korea Utara?

Best Profit (17/10) – Kemudahan Gedung Komersial adalah menara perkantoran mid-rise yang sederhana di Hennessy Road, sebuah arteri yang melintasi distrik Wan Chai yang sibuk di Hong Kong. Strukturnya berada di antara pemandangan yang klasik Hong Kong: lampu terang, gedung tinggi, orang-orang yang ramai.
Tapi disamarkan dalam keadaan normal adalah bisnis yang nampaknya hanya ada dalam nama saja.
Naik lift ke lantai 21 gedung Easey, dan di kamar 2103 adalah kantor terdaftar Unaforte Limited Hong Kong. Ini adalah perusahaan yang dituduh oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa melanggar sanksi terhadap Republik Rakyat Demokratik Korea (nama resmi Korea Utara) karena telah membantu negara tersebut menghasilkan uang secara internasional, mendanai segala hal mulai dari program senjata nuklir hingga gaya hidup mewah Pemimpin Besar Korea Utara Kim Jong Pemain Un dan Pyongyang yang paling penting.
Paling tidak, Unaforte seharusnya ada di sana. Itu adalah alamat yang tercantum dalam pengajuan perusahaan publik yang tersedia untuk pemerintah Hong Kong. Ketika CNN mengunjungi kantor tersebut, ia menemukan baik Unaforte maupun sekretaris perusahaan terdaftarnya, Prolive Consultants Limited. best profit
 
Sebagai gantinya, kamar 2103 adalah rumah bagi perusahaan yang tampaknya tidak terkait: Layanan Perusahaan Terbaik yang Ceria. Hanya ada satu orang di sana saat CNN mampir, dan dia mengatakan bahwa seorang wakil Konsultan Prolif hanya sering datang untuk mengambil surat. Dia belum pernah mendengar tentang Unaforte.
Panel Pakar PBB untuk Korea Utara – badan yang dituduh memprotes penegakan sanksi terhadap negara pertapa – mengatakan dalam dua laporan baru-baru ini bahwa Unaforte membuka dan memiliki sebuah bank di kota Rason, Korea Utara. Itu mungkin merupakan pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB terbaru yang melarang usaha internasional bersama dengan Korea Utara, menurut Christopher Wall, seorang pengacara yang mengkhususkan diri dalam undang-undang perdagangan internasional dan mitra di Pillsbury Winthrop Shaw Pittman di Washington, DC.
Unaforte tidak unik. Ini hanyalah salah satu dari sedikit perusahaan depan yang diidentifikasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, analis nonpemerintah dan penegak hukum AS yang membantu Korea Utara mengakses sistem keuangan global.
Perusahaan depan – juga dikenal sebagai perusahaan shell – adalah perusahaan sah yang tidak memiliki aset signifikan atau mempertahankan operasi bisnis yang aktif. Beberapa melayani tujuan bisnis yang sah – membantu perusahaan asing membangun pijakan di pasar luar negeri, untuk satu, atau menuai keuntungan pajak luar negeri. Yang lain membantu menyembunyikan kepemilikan sebenarnya dari bisnis atau pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi terlarang.
Inilah contohnya: katakan bisnis A ingin menjual bisnis B sesuatu yang berpotensi melanggar hukum, seperti perangkat keras kelas militer. Jika penyidik ​​sudah memonitor bisnis A, bisnis B bisa membayar perusahaan depan untuk senjata daripada bisnis A. Atau bisnis B bisa menciptakan perusahaan depannya sendiri untuk membayar bisnis perusahaan depan A, membuat jaringan lebih besar dan lebih samar-samar. best profit
 
Korea Utara diyakini menggunakan jenis praktik ini untuk menutupi sebagian besar perdagangannya, mulai dari menjual batubara dan bahan bakar hingga mengekspor senjata.
“Rejim (Korea Utara) mengakses sistem keuangan internasional melalui perusahaan-perusahaan depan dan praktik keuangan menipu lainnya untuk membeli barang dan jasa di luar negeri,” Sigal Mandelker, wakil sekretaris untuk terorisme dan intelijen keuangan di Departemen Keuangan AS, mengatakan dalam Kesaksian Senat pada 28 September.
Hong Kong adalah satu dari dua yurisdiksi bisnis (bersama dengan British Virgin Islands) di mana Panel Pakar PBB di Korea Utara telah melihat bagian terbesar dari perusahaan front terkontrol Korea Utara yang beroperasi, kata Hugh Griffiths, koordinator panel tersebut.
“Anda bisa menghitungnya dalam laporan kami – Hong Kong adalah perusahaan yang lebih besar,” kata Griffiths kepada CNN.
Kota ini tidak asing bagi mereka yang ingin menghasilkan uang dengan cepat melalui hukum, apakah itu perompak yang berkeliaran di Laut Cina Selatan pada abad ke-16 atau Triad yang menyebarkan tentakel mereka setelah Perang Sipil China, sementara kota tersebut masih di bawah kendali Inggris.
Saat ini, Hong Kong diperintah sebagai wilayah administratif khusus China. Ketika Inggris menyerahkan penguasaan kota tersebut ke Beijing pada tahun 1997, kesepakatan tersebut untuk menjalankan Hong Kong sesuai dengan sebuah kebijakan yang dikenal sebagai “satu negara, dua sistem.” Ini menjanjikan kepada Hong Kong sistem politik mereka sendiri – dengan kebebasan individu yang lebih banyak, kebebasan pasar dan kelalaian pengawasan perusahaan dan persyaratan pelaporan – sebagian besar akan berlanjut seperti apa adanya, namun Hong Kong akan menjadi bagian dari China.
“Tidak mengherankan jika Hong Kong tampil begitu menonjol dalam laporan kami,” kata Griffiths. “Ini adalah pusat keuangan internasional utama terdekat dengan Korea Utara, ini adalah pusat keuangan internasional lepas pantai utama terdekat ke Korea Utara. Dan secara historis, ini merupakan pusat perdagangan global dan regional … dan dengan sedikit pertanyaan diajukan dan peraturan yang lebih longgar daripada, katakanlah , Beijing. “
CNN mengulurkan tangan ke kedua polisi Hong Kong dan Unit Intelijen Keuangan Gabungan untuk mengomentari laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Unaforte dan perusahaan shell di Hong Kong sama sekali dan diberi tahu “polisi tidak berkomentar mengenai kasus individual”. best profit
 
Ketika informasi khusus Unaforte muncul di catatan perusahaan publik Hong Kong, nama hanya satu orang muncul. Dia memegang paspor dari pulau Karibia kecil Dominika. Nomor paspor ada di sana, tapi bukan nomor teleponnya.
Rincian tersebut menjelaskan persyaratan penggabungan Hong Kong. Untuk memulai sebuah perusahaan di Hong Kong, seseorang memerlukan setidaknya satu direktur (harus menjadi orang yang sebenarnya) dan sekretaris perusahaan (yang dapat menjadi orang atau perusahaan lain, namun harus berbasis di Hong Kong), menurut Perusahaan Situs web registrasi
Meskipun kantor terdaftar perusahaan harus berada di Hong Kong, mereka diizinkan untuk berbagi kantor dengan sekretaris perusahaan mereka dan secara teknis tidak harus beroperasi dari alamat tersebut, seorang pejabat Register Perusahaan Hong Kong mengatakan kepada CNN di telepon. Tapi melakukan itu dianggap sebagai “bendera merah” bagi penyelidik pencucian uang.
“Praktik-praktik ini, walaupun legal, memberi mereka usaha Korea Utara untuk menyamarkan identitas dan kewarganegaraan sebenarnya dari mereka yang berdiri di belakang entitas terdaftar ini,” kata Griffiths.
C4ADS, sebuah firma nirlaba yang berbasis di Washington yang melakukan analisis keamanan berbasis data, mengidentifikasi 160 perusahaan front Korea Utara di Hong Kong dalam sebuah laporan 2016. Dan Sayari Analytics, firma lain yang menggunakan data terbuka untuk memantau hubungan antar perusahaan, telah mengidentifikasi lebih dari 100 entitas di Hong Kong terkait dengan sanksi Korea Utara.
Sistem ini tidak dirancang untuk kesalahan; Sebaliknya, ini membuat Hong Kong menjadi tempat yang mudah bagi perusahaan di luar negeri melakukan bisnis, karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendirikan toko baru, menurut David Webb, mantan bankir investasi yang sekarang menjadi investor aktivis Hong Kong .
“Itu biasa dan itu bukan pertanda kesalahannya sendiri,” kata Webb.
Untuk melayani klien lepas pantai, ada banyak layanan kesekretariatan yang memberi para direktur perusahaan ke luar negeri dengan bantuan. Mereka sering berfungsi sebagai sekretaris perusahaan untuk klien mereka.
Konsultan Prolive, sekretaris perusahaan untuk Unaforte, tampaknya menjadi salah satu perusahaan semacam itu.
“Sebagai perusahaan yang menawarkan layanan kesekretariatan, kami tidak mengganggu bisnis klien kami. Apa yang kami lakukan hanya untuk membantu mengumpulkan sertifikat dan formulir pendaftaran bisnis klien, membantu mereka,” kata Amy Lam dengan Prolive Consultants, yang nomor teleponnya CNN diperoleh setelah mengunjungi kantor Easey Building. best profit
 
Ketika ditanya oleh CNN, jenis usaha Unaforte apa yang terlibat, Lam berkata: “Kami tidak mengganggu bisnis seperti apa yang dilakukan klien kami, apakah mereka sukses atau tidak, atau apakah bisnis mereka menguntungkan atau tidak, kami tidak tahu.”
Penjualan gula rafinasi senilai $ 6 juta pada tahun 2009 membantu perusahaan lain melakukan bisnis dengan Pyongyang untuk mendapat perhatian dari otoritas Amerika.
Korea Utara seolah-olah melakukan sesuatu yang sederhana: membeli makanan pokok. Tapi mereka melakukannya melalui transaksi labirin yang rumit yang melibatkan Korea Utara, Dandong Hongxiang Industrial Development (DHID), sebuah bank dan sebuah perusahaan Kanada, menurut sebuah perkara pidana 2016.
Itu karena jika perusahaan seperti DHID atau Unaforte melakukan bisnis dalam dolar, itu berarti transaksinya cenderung melewati Amerika Serikat pada suatu saat (kecuali jika dilakukan secara tunai).
Perusahaan yang mendapat sanksi dalam kebanyakan kasus tidak dapat dengan mudah melakukan transaksi dalam dolar, karena bank-bank AS harus mendukung kesepakatan tersebut dan akan memfilter dan memberi tanda pada entitas yang dikenai sanksi, Anthony Ruggiero, seorang ahli dalam penggunaan ukuran keuangan yang ditargetkan di Foundation for Defense of Demokrasi, kata CNN.
Tuduhan DHID mengungkapkan bahwa untuk berkeliling mata penculikan AS, Korea Utara menggunakan buku besar dan skema kredit yang rumit untuk menyembunyikan keterlibatan Korea Utara dalam transaksi dolar, Ruggiero menjelaskan kepada Kongres pada bulan September.
Tiga belas perusahaan terdepan DHID berlokasi di Hong Kong. Sebelas orang berbagi alamat terdaftar yang sama di Wan Chai, kurang dari satu kilometer dari Gedung Komersial Kemudahan, kata dakwaan tersebut.
CNN tidak bisa menghubungi DHID untuk memberi komentar.
“Masalah mendasar Korea Utara adalah perlu beroperasi setidaknya sebagian dalam dolar atau euro, namun harus mencari cara untuk melakukannya jika tidak ada mitra yang ingin menjadi simpul dimana Korea Utara dan AS saling tumpang tindih dalam sistem keuangan internasional,” kata Sheena Greitens, seorang profesor di University of Missouri yang telah mempelajari kegiatan keuangan gelap Korea Utara selama 10 sampai 15 tahun terakhir. “Karena arsitektur finansial (internasional) dan pentingnya dolar, AS memiliki kemampuan luar biasa untuk mengatakan siapa yang dapat menggunakan sistem dolar dan siapa yang tidak bisa.”
DHID sepertinya tidak sendirian. Selain lebih dari 100 perusahaan dan individu di Hong Kong yang terkait dengan Korea Utara, 300 entitas China daratan lainnya juga terhubung ke jaringan Korea Utara yang sama, menurut Jessica Knight, direktur analisis di Sayari. best profit
 
“Perusahaan di Hong Kong dan China daratan sering terhubung erat – pemilik saham atau direktur, misalnya – dan beroperasi sebagai bagian dari jaringan fasilitasi Korea Utara yang lebih luas,” kata Knight.
“Pengusaha Cina suka melakukan bisnis gelap mereka di Hong Kong karena alasan yang sama seperti mereka ingin melakukan bisnis sah di sana: ini jauh lebih mudah.Karena jaringan fasilitasi Korea Utara sebagian besar berbasis di China dan dijalankan oleh warga China, bukan Kejutkan bahwa jaringan yang sama sering kali melintas di Hong Kong, “katanya.
Permintaan Hong Kong mungkin berasal dari layanan yang ditawarkan perusahaan depan yang berpotensi mendapat pengawasan AS saat menggunakan dolar: the Clearing House Automated Transfer System (CHATS) untuk transaksi tertentu yang melibatkan dolar AS untuk pembayaran antar bank.
Meskipun CHATS digunakan untuk tujuan yang sah dalam kebanyakan kasus, ini berada di luar lingkup penegakan hukum federal AS, kata David Asher, salah satu arsitek sanksi tahun 2006 mengenai Banco Delta Asia, yang mengidentifikasi dan membekukan dana Korea Utara senilai $ 25 juta di luar negeri.
“Jika mereka membersihkan transaksi tersebut melalui New York (bank), kami akan menghapusnya karena mereka dikenai sanksi. Kami akan membekukannya, kami akan kehilangan uangnya,” kata Asher. “Jika melewati CHATS, itu lubang hitam.”
Itu, menurut Asher, telah membantu Hong Kong menjadi pintu gerbang untuk Korea Utara, sebuah tempat di mana perusahaan-perusahaan Korea Utara dapat mengubah mata uang asing yang mereka dapatkan dari menjual ekspor yang sebelumnya legal seperti batubara atau tekstil (sekarang dilarang oleh sanksi PBB), atau yang terlarang seperti senjata dan obat-obatan terlarang, menjadi dolar AS.
Semua ini penting bagi Amerika Serikat karena mengendalikan arus kas Korea Utara adalah kunci strategi untuk mengendalikan Pyongyang.
Pemerintahan Presiden AS Donald Trump menyebutnya sebagai “tekanan damai” – meningkatkan sanksi dan isolasi diplomatik di Korea Utara dengan harapan akan menempatkan senjata nuklirnya di meja perundingan.
Pendekatan tersebut tampaknya bergerak maju, dengan sebuah perkuatan sanksi PBB dan sanksi AS sepihak yang disahkan pada bulan September, termasuk sebuah perintah eksekutif yang menghukum setiap perusahaan atau orang yang melakukan bisnis dengan Korea Utara dengan cara memotong akses mereka ke sistem keuangan AS atau Membekukan aset mereka – atau berpotensi keduanya.
Washington sekarang memiliki wewenang untuk menghukum negara dan perusahaan yang melakukan bisnis dengan Korea Utara pada dasarnya memotong mereka dari ekonomi AS, menurut Wall, pengacara perdagangan internasional yang berbasis di Washington.
Langkah selanjutnya, katanya, akan membuktikannya.
“Akan ada beberapa tindakan yang diambil pada perintah eksekutif ini untuk menunjukkan bahwa kita benar-benar bermaksud apa yang kita katakan dalam hal memotong bisnis dengan Korea Utara,” kata Wall. “Jika kita tidak melakukan itu, maka ini hanya akan menjadi macan kertas, tidak akan efektif.” best profit
 
Sumber : CNN

Tillerson di Korea Utara: Diplomasi akan berlanjut ‘sampai bom pertama turun’

PT Bestprofit (16/10) – Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan pada hari Minggu bahwa upaya diplomatiknya akan berlanjut selama mungkin selama pertempuran di kedua sisi Pasifik.
“Upaya diplomatik tersebut akan berlanjut sampai bom pertama turun,” kata Tillerson di “State of the Union” CNN.
Komentar Tillerson terjadi sehari sebelum latihan militer AS-Korea Utara terakhir di Semenanjung Korea, yang menurut Pyongyang merupakan latihan untuk invasi pimpinan AS. AS mengatakan latihan bersifat defensif.
Tillerson mengatakan bahwa memprioritaskan diplomasi untuk mencoba mengekang ambisi nuklir Korea Utara adalah jalan yang disukai Presiden Donald Trump. Meski ada pernyataan di Twitter bahwa usulan diplomasi tidak akan berjalan, Presiden ingin menghindari kekerasan, kata Tillerson. pt bestprofit
 
“Presiden juga telah menjelaskan kepada saya bahwa dia ingin ini diselesaikan secara diplomatis,” kata Tillerson. “Dia tidak ingin pergi berperang.”
Tillerson mengatakan bahwa dia ‘sepenuhnya utuh’ meskipun komentar ‘pengebirian’ Corker
Beberapa minggu yang lalu, Tillerson mengumumkan dari Beijing bahwa dia memiliki komunikasi langsung dengan Korea Utara dan berusaha untuk menenangkan ketegangan antara Korea Utara dan Amerika Serikat.
Tak lama setelah komentar Tillerson, Trump membawa ke Twitter untuk mengatakan bahwa dia berpikir bahwa Tillerson “membuang-buang waktunya” mencoba bernegosiasi dengan Korea Utara. pt bestprofit
 
Ketegangan telah meningkat di antara kedua negara saat Korea Utara terus mengembangkan dan mengancam penggunaan senjata nuklir dan rudal jarak jauh, dan Trump telah mengancam untuk “menghancurkan secara total” negara yang terisolasi tersebut.
Ketika ditanya apakah tweet Trump merusak usaha diplomatiknya, Tillerson mengatakan bahwa hubungan antara para pemimpin AS dan China sudah dekat dan bahwa orang China “tidak bingung dengan cara apa pun” tentang kebijakan AS terhadap Korea Utara. pt bestprofit
 
Sedangkan untuk tweet Trump sendiri, Tillerson mengatakan bahwa Presiden membuat pernyataan yang dia lakukan untuk “memotivasi tindakan.”
Korea Utara memperbarui ancaman mereka untuk meluncurkan rudal ke perairan di sekitar wilayah Guam di AS pada hari Jumat, di awal latihan AS-Korea Selatan hari Senin.
Latihan angkatan laut gabungan tersebut akan berlangsung selama 10 hari di perairan Korea Selatan, menurut sebuah pernyataan di AS, dan menampilkan kapal induk AS dan dua kapal perusak rudal terdepan.
Pada hari Jumat, media pemerintah Korea Utara KCNA mengatakan “langkah sembrono” oleh Amerika Serikat akan memaksa negara nakal tersebut untuk “melakukan counteractions.” pt bestprofit
 
“Tindakan militer AS memperkuat tekad kita bahwa AS harus dijinakkan dengan api dan membiarkan kita mendekatkan diri ke ‘pemicu’ untuk melakukan tindakan balasan terberat,” KCNA melaporkan Kim Kwang Hak, seorang peneliti di Institute for American Studi Kementerian Luar Negeri Korea Utara, mengatakan.
Retorika yang keras berlanjut pada hari Minggu, dengan sebuah komentar di surat kabar negara Rodong Sinmun memanggil Presiden Trump seorang “pedagang perang dan orang asing yang merasa damai.”
Korea Utara sebelumnya mengancam akan menembakkan rudal yang dekat dengan Guam pada bulan Agustus, yang selanjutnya memicu ketegangan antara Pyongyang dan administrasi Trump. pt bestprofit
 
Sumber : CNN

Bestprofit | Pasar Asia Bergerak Datar, Tunggu Data Singapura Dan Tiongkok

Bestprofit (13/10) – Imbal hasil Treasury dolar dan A.S. bersiap untuk mengakhiri empat minggu kenaikan karena kepercayaan pada rencana pemotongan pajak Amerika sedikit berkurang dan Federal Reserve memberi isyarat bahwa beberapa pembuat kebijakan berhati-hati mengenai kenaikan suku bunga di akhir 2017 nanti.
Indeks berjangka di bursa saham Asia sebagian besar bergerak datar setelah Indeks S & P 500 turun tipis setelah mengalami kenaikan pada level tertinggi dalam sejarah minggu ini. Saham A.S. terbebani oleh penurunan JPMorgan Chase & Co dan Citigroup Inc. mengenai kekhawatiran tentang kredit konsumen dan penurunan pendapatan dari perdagangan.
Fokus pada hari Jumat ini beralih kepada keputusan kebijakan moneter Singapura, dengan beberapa analis melihat bank sentral beralih ke sikap yang lebih netral berkat pertumbuhan global yang solid, dan kemudian mengikuti laporan perdagangan bulanan Tiongkok serta penjualan ritel dan penjualan konsumen A.S.. Pound menguat pada semalam karena Handelsblatt melaporkan negosiator utama Eropa mungkin menawarkan transisi dua tahun untuk tinggal di pasar tunggal selama Inggris memenuhi kewajiban finansial. bestprofit
 
Euro bertahan sekitar satu sen di atas level terendah tujuh minggu di hari Jumat lalu setelah sebuah laporan mengenai rencana yang sedang dibahas di European Central Bank dimana dikabarkan bahwa pejabat ECB mempertimbangkan untuk memotong pembelian obligasi bulanan mereka setidaknya setengah mulai bulan Januari, dan membuat program tersebut aktif setidaknya selama sembilan bulan.
Di A.S., rencana pajak yang di usung Trump mengalami banyak tekanan dikaitkan dengan aspek-aspek tertentu dari kerangka kerja yang ada. Beberapa anggota Partai Kongres telah menyuarakan kekhawatiran mereka, meskipun Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengulangi keyakinannya bahwa sebuah rancangan dibidang perpajakan akan berjalan pada tahun ini.
Dalam perkembangan terakhir di Korea Utara, yen mendapat keuntungan sesaat setelah berita tentang gempa sederhana di dekat lokasi uji coba nuklir di negara tersebut. Badan cuaca Korea Selatan mengatakan bahwa ini adalah fenomena alam, meskipun Survei Geologi A.S. tidak memiliki kesimpulan segera. Tes bom telah menyebabkan beberapa getaran sebelumnya di daerah tersebut, namun besaranna hanya 2,9 dibandingkan dengan yang dilaporkan 6,3 untuk uji bom H pada bulan September. bestprofit
 
Pertumbuhan ekspor China diperkirakan akan meningkat hingga 10 persen pada bulan September dari 5,6 persen pada bulan sebelumnya, didorong oleh permintaan AS dan UE yang kuat. Pertumbuhan impor juga diperkirakan akan meningkat, dengan surplus perdagangan menyempit menjadi $ 38 miliar. Bank sentral juga akan merilis data pinjaman dan pasokan uang bulanan.
Musim badai Atlantik yang aktif mungkin akan menonjol di data A.S. tentang penjualan eceran dan harga konsumen. Harga grosir A.S. melonjak pada bulan September paling banyak dalam lima bulan karena biaya bensin melonjak setelah Badai Harvey. Indeks harga produsen naik 0,4 persen.
Saham
Kontrak pada indeks S & P 500 sedikit berubah pada pukul 8:44 am di Tokyo, indeks pengukur ini turun 0,2 persen dari rekor tertinggi hari Rabu.
Kontrak pada Nikkei 225 Jepang naik 0,2 persen.
Indeks S & P / ASX 200 Australia naik 0,3 persen, sementara indeks Hang Seng Hong Kong sedikit berubah. bestprofit
 
Mata uang
Euro sedikit berubah pada awal perdagangan Asia, di $ 1,1829.
Pound Inggris bergerak pada $ 1,3262 setelah mengalami kenaikan dalam empat sesi terakhir.
Yen berada di level 112,27 per dolar.
Obligasi
Imbal hasil pada Treasury 10 tahun yang turun tiga basis poin pada Kamis, naik menjadi 2,32 persen.
Hasil pada obligasi pemerintah 10-tahun Australia turun lebih dari dua basis poin pada hari Jumat pagi ini, menjadi 2,78 persen.
Komoditi
Minyak mentah West Texas Intermediate menambahkan 0,3 persen menjadi $ 50,73 per barel, setelah turun 1,4 persen pada sesi Kamis, namun masih dalam jalur penguatan dalam satu minggu.
Emas stabil di harga $ 1,293.64 per ounce. bestprofit
Sumber : Vibiznews

Trump mengancam NBC, lalu mengatakan itu ‘menjijikan’ pers bisa ‘menulis apapun yang dia inginkan’

Best Profit (12/10) – Ditanyakan kemudian apakah dia yakin ada “harus membatasi apa yang seharusnya ditulis oleh pers” – yang kemungkinan akan bertentangan dengan Amandemen Pertama, yang menjamin kebebasan dan kebebasan pers – Trump berkata, “Tidak. Pers harus berbicara lebih banyak secara jujur.” Meski begitu, komentarnya mengangkat alis, terutama karena ini adalah komentar terakhir dalam serangkaian serangan yang meningkat yang telah diratakan oleh Trump melawan pers dalam beberapa hari ini.
Baru Rabu pagi, Trump telah men-tweet bahwa perusahaan media yang melapor kritis kepadanya harus dihukum karena lisensi televisi mereka dicabut.
Dalam sebuah tweet, presiden mengecam dugaan “berita palsu yang keluar dari NBC and the Networks.” Dia bertanya, “Pada titik manakah tepat untuk menantang Lisensi mereka? Buruk untuk negara!”
Trump tampaknya sangat marah atas laporan NBC News yang mengatakan bahwa dia menginginkan kenaikan sepuluh kali lipat di A.S. ‘ persenjataan nuklir Sebelumnya di pagi hari dia mengklaim ceritanya adalah “fiksi murni” dan “dibuat untuk merendahkan.” best profit
 
Ancaman terselubung Trump dapat berkontribusi pada atmosfer wartawan yang semakin dingin di A.S. bekerja di bawah pemerintahannya. Tapi ancamannya pada dasarnya tidak bergigi.
Pertama-tama, tidak ada lisensi tunggal untuk NBC atau jaringan televisi nasional lainnya. Lisensi diberikan ke stasiun lokal individual – dan NBC bahkan tidak memiliki sebagian besar stasiun yang menyiarkan isinya di seluruh negeri. Dan sangat tidak lazim bila ada izin dari stasiun yang diambil untuk alasan apapun, apalagi untuk balas dendam politik.
Lisensi untuk stasiun televisi lokal dapat diperiksa oleh Komisi Komunikasi Federal setiap delapan tahun sekali.
Trump atau sekutunya tidak memungkinkan untuk menantang semua lisensi yang dimiliki NBC dalam satu kesempatan. Individu yang tinggal di daerah yang ditayangkan saluran lokal harus mengajukan keluhan kepada FCC. best profit
 
Ada preseden untuk sekutu politik presiden yang menantang lisensi lokal. Itu terjadi di bawah Richard Nixon di tahun 1970an, ketika seorang teman Nixon mencoba mengambil alih lisensi yang dipegang oleh Washington Post. Sekutu Nixon tidak berhasil dalam tawarannya.
Karena kesalahan besar dari pihak stasiun yang tertantang, kemungkinan upaya serupa lainnya juga akan berhasil.
“Apa pun masalah hukum lain yang mungkin dimiliki oleh orang tua NBC, ini bukan salah satunya,” Andrew Jay Schwartzman, seorang pengacara yang bekerja di Georgetown University Law Center dan mengkhususkan diri pada undang-undang telekomunikasi, mengatakan kepada CNN. “Comcast tahu betul bahwa FCC tidak akan pernah menolak aplikasi perpanjangan lisensinya.”
FCC secara teknis merupakan badan independen, tidak tunduk pada perintah presiden. Ketua FCC Ajit Pai – yang adalah seorang Republikan yang ditunjuk untuk jabatannya saat ini oleh Trump – mengatakan pada bulan Maret bahwa pekerjaannya bukanlah menjadi “aktor politik”.
“Ini hanya untuk menjadi seseorang di FCC yang, seperti yang saya katakan, mengelola undang-undang Amerika Serikat,” kata Pai. “Saya tidak akan mengubur debat politik semacam itu.” best profit
 
Baik Pai maupun juru bicara FCC segera menanggapi permintaan komentar tentang tweet Trump. Namun mantan pejabat FCC cepat menusuk presiden.
“Bagi saya, ini tidak bisa dimengerti karena isi NBC News yang entah bagaimana lisensi mereka akan berisiko,” Alfred Sykes, seorang Republikan yang menjabat sebagai ketua FCC di bawah George H.W. Bush, mengatakan kepada The Wrap.
“Ancaman gila ini, jika dikejar, akan menjadi intervensi yang terang-terangan dan tidak dapat diterima dalam keputusan lembaga independen,” kata Michael Copps, seorang Demokrat yang menjadi komisaris FCC di bawah George W. Bush dan Barack Obama, dalam sebuah pernyataan kepada HuffPost. “Hukum tidak menghadapi campur tangan seperti itu. Presiden Trump mungkin lebih bahagia sebagai kaisar, tapi menurut saya orang Amerika akan mencabut pakaiannya untuk ini.
Seorang juru bicara NBC menolak berkomentar.
Trump telah meningkatkan serangannya terhadap media dalam seminggu terakhir. Pekan lalu, dia mendesak Komite Intelijen Senat untuk menyelidiki gerai berita karena menerbitkan cerita “palsu”. Selama akhir pekan, dia mengisyaratkan bahwa mungkin sudah saatnya sebuah undang-undang yang mewajibkan penyiar untuk memberikan waktu yang sama kepada kedua belah pihak debat politik saat membahas kebijakan publik.
“Pada titik manakah kita akan membungkam media yang kritis terhadap Presiden?” tweeted Rep Adam Schiff, peringkat Demokrat di House Intelligence Committee. “Ketika kita berhenti melakukan Amandemen Pertama dan pemerintahan yang demokratis.” best profit
 
Sumber : CNN

PT Bestprofit | Peretas Korea Utara mencuri rencana perang AS-Korea Selatan, kata pejabat

PT Bestprofit (11/10) – Peretas Korea Utara diduga mencuri dokumen rahasia militer dari sebuah database Kementerian Pertahanan Korea Selatan pada bulan September 2016, menurut Rhee Cheol-hee, anggota Majelis Nasional Korea Selatan.
Rhee, yang merupakan anggota Partai Demokrat yang berkuasa dan duduk di Komite Pertahanan, mengatakan kepada CNN pada hari Selasa bahwa dia menerima informasi tentang dugaan hacking dari Kementerian Pertahanan.
Dia mengatakan bahwa dokumen-dokumen yang dicuri termasuk rencana operasional perang Korea Selatan-AS dan sebuah dokumen yang mencakup prosedur untuk “memenggal kepala” kepemimpinan Korea Utara.
Sekitar 235 gigabyte layak data militer dicuri oleh para hacker, kata Rhee.
Ketika ditanya tentang komentar Rhee oleh wartawan pada sebuah konferensi pers harian pada hari Selasa, seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan menolak memberikan komentar, dengan mengatakan bahwa informasi tersebut diklasifikasikan. pt bestprofit
 
Pentagon juga menolak berkomentar secara khusus mengenai laporan kemungkinan pelanggaran tersebut, namun juru bicara Kolonel Robert Manning mengatakan pada hari Selasa bahwa AS “yakin akan keamanan rencana operasi dan kemampuan kita untuk menghadapi ancaman dari Korea Utara.”
“Rencana operasi yang mereka maksud adalah rencana bilateral, jadi aliansi Republik Korea-AS tetap teguh dalam komitmen mereka untuk memastikan mereka melindungi informasi tersebut dan memastikan kesiapan di semenanjung Korea untuk melawan ancaman Korea Utara,” Manning kata.
“Saya tidak akan membahas secara spesifik pembahasan itu tapi yang akan saya katakan adalah bahwa ini adalah komitmen aliansi ROK-AS untuk memastikan bahwa mereka melindungi operasi dan rencana,” tambahnya.
Rincian dugaan hack 2016 muncul saat Presiden Donald Trump terus menyiratkan bahwa upaya diplomatik untuk mengendalikan program nuklir dan rudal Korea Utara melalui negosiasi terbukti tidak efektif. pt bestprofit
 
“Negara kita telah gagal menangani Korea Utara selama 25 tahun, memberikan miliaran dolar dan tidak mendapatkan apapun. Kebijakan tidak berjalan,” Trump tweeted pada hari Senin.
Dalam sepasang tweets yang dikirim pada Sabtu siang, Trump mengatakan bahwa kesepakatan sebelumnya dengan Korea Utara semuanya telah dilanggar.
“Presiden dan pemerintahan mereka telah berbicara dengan Korea Utara selama 25 tahun, kesepakatan dibuat dan sejumlah besar uang dibayar … belum berhasil, kesepakatan dilanggar sebelum tinta kering, membuat orang bodoh perunding A.S.,” Trump menulis. “Maaf, tapi hanya satu hal yang akan berhasil!” pt bestprofit
 
Ditanya oleh wartawan pada hari Sabtu tentang tweet tersebut, Trump hanya akan mengatakan: “Anda akan segera mengetahuinya.”
Gedung Putih mengatakan pada hari Selasa bahwa Trump dan tim keamanan nasionalnya mendapat pengarahan dan membahas “serangkaian pilihan untuk menanggapi segala bentuk agresi Korea Utara atau, jika perlu, untuk mencegah Korea Utara mengancam Amerika Serikat dan sekutunya dengan senjata nuklir . “
Pada hari Senin, Sekretaris Pertahanan James Mattis mengulangi bahwa diplomasi bersamaan dengan sanksi ekonomi internasional terhadap Pyongyang akan tetap menjadi elemen utama strategi AS menuju Korea Utara.
“Saat ini adalah sanksi ekonomi yang dipimpin secara diplomatis, namun upaya yang dilakukan untuk mencoba dan mengubah Korea Utara dari jalur ini,” Mattis mengatakan pada hari Senin saat pidato pembukaannya di pertemuan tahunan Asosiasi Amerika Serikat di Washington.
Namun Mattis menambahkan bahwa militer akan terus menyiapkan pilihan jika diplomasi gagal.
“Kita harus siap memastikan bahwa ada pilihan militer yang bisa dipekerjakan Presiden jika dibutuhkan,” katanya. pt bestprofit
 
“Sekarang apa masa depan? Baik Anda maupun saya tidak bisa mengatakannya,” kata Mattis.
Kepala Staf Angkatan Darat AS Jenderal Mark Milley memastikan Senin bahwa mengikat Amerika Serikat dalam menyelesaikan tantangan program nuklir dan rudal Korea Utara, yang menyatakan bahwa tidak ada opsi bebas risiko, namun mengatakan bahwa tidak ada juga sebuah “jumlah waktu yang tidak terbatas” untuk menyelesaikan krisis.
“Sebuah serangan penuh di Semenanjung Korea akan mengerikan oleh imajinasi apapun. Tidak ada yang meragukannya,” kata Milley kepada wartawan.
AS dan Korea Selatan telah mengetahui operasi hacking Korea Utara yang berani selama beberapa tahun, menghubungkan Pyongyang dengan serangkaian serangan cyber yang canggih.
Pada tahun 2013, ketika bank dan penyiaran Korea Selatan diserang, pemerintah tersebut menyalahkan tetangganya di utara. Pada tahun 2014, pemerintah AS menyalahkan Korea Utara atas hack di Sony Pictures.
Dan pada bulan April, Korea Utara dikaitkan dengan serangan terhadap bank di 18 negara setelah para periset menghubungkan peretas ke sebuah operasi yang dikenal sebagai “Lazarus,” menurut sebuah laporan dari perusahaan keamanan maya Kaspersky Rusia.
Uang curian itu kemungkinan digunakan untuk membantu kemajuan pengembangan senjata nuklir Korea Utara, Anthony Ruggiero, orang senior Foundation for Defense of Democracies, mengatakan kepada CNN saat itu.
Untuk menyembunyikan lokasi mereka, hacker biasanya meluncurkan serangan cyber dari server komputer yang jauh dari rumah. Menurut Kaspersky, para hacker Lazarus dengan hati-hati mengarahkan sinyal mereka melalui Prancis, Korea Selatan dan Taiwan untuk mendirikan server serangan tersebut. Tapi sepertinya ada satu kesalahan yang ditemukan oleh Kaspersky: Sambungan yang sebentar datang dari Korea Utara.
Kaspersky adalah salah satu perusahaan keamanan dunia maya teratas di dunia, memberikan perlindungan anti-malware yang populer ke komputer di rumah dan perusahaan di seluruh dunia. Penelitinya dikenal karena mengekspos beberapa operasi hacking global yang paling kompleks. Penegakan hukum AS tetap mencurigai adanya hubungan perusahaan tersebut dengan pemerintah Rusia, namun Kaspersky sangat menolak pengaruh Kremlin terhadap bisnis perusahaan tersebut. pt bestprofit
 
Sumber : CNN

Bestprofit | Sektor Saham Kesehatan Bawa Wall Street Melemah

Bestprofit (10/10) –  Wall Street turun dari rekornya pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi waktu Jakarta). Ini usai kenaikan saham Microsoft dan saham teknologi lainnya, gagal mengimbangi penurunan saham General Electric dan sektor kesehatan.
Melansir laman Reuters, indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,06 persen menjadi 22,761,07. Sementara indeks S&P 500 kehilangan 0,18 persen menjadi 2.544,73. Dan Nasdaq Composite turun 0,16 persen menjadi 6.579,73.
Adapun indeks Volatilitas CBOE .VIX, indikator Wall Street, naik 0,77 poin menjadi 10,42. Ini posisi tertinggi dalam dua minggu. bestprofit
 
Pasar antara lain dipengaruhi saham sektor kesehatan yang bergerak turun 0,67 persen, seiring penurunan saham Medtronic (MDT.N) sebesar 3,61 persen. Ini setelah pembuat perangkat medis tersebut memperingatkan bahwa keuntungan kuartalannya akan terkena dampak Badai Maria yang melanda Puerto Riko.
Adapun indeks S&P 500 menguat 14 persen pada 2017 dan pekan lalu mencapai rekor tertinggi, didukung kenaikan pendapatan perusahaan dan antusiasme bahwa Presiden Donald Trump akan memotong pajak perusahaan. bestprofit
 
Di sisi lain, JPMorgan Chase (JPM.N) dan Citigroup (CN) akan melaporkan perolehan laba kuartalannya pada Kamis. Investor berharap adanya kenaikan di sektor ini.
“Tidak seperti saham restoran, film dan bahan bangunan dan beberapa saham discretionary yang dilanda badai, saya tidak berharap bank-bank terpengaruh oselama kuartal tersebut,” kata Jake Dollarhide, CEO Longbow Asset Management di Tulsa, Oklahoma.
Secara keseluruhan, pendapatan perusahaan dalam indeks S&P 500 diperkirakan akan meningkat 4,8 persen pada kuartal terakhir, menurut data Thomson Reuters, turun dari pertumbuhan dua digitnya yang tercatat dalam dua kuartal pertama tahun ini. bestprofit
 
Adapun saham yang merosot antara lain, saham GE (GE.N) yang turun 3,94 persen setelah konglomerat tersebut menunjuk CFO baru dan mengatakan bahwa pihaknya memberi perusahaan pengelola investasi Trian Fund Management sebuah kursi dewan.
Sementara saham yangg mencatat penguatan yakni Nvidia (NVDA.O) yang naik 2,26 persen dan indeks teknologi informasi S & P 500 menambahkan 0,24 persen, membawa kenaikan pada 2017 menjadi 28 persen.
Sekitar 4,4 miliar saham berpindah tangan di bursa AS, jauh di bawah rata-rata 6,1 miliar per hari selama 20 hari perdagangan terakhir, menurut data Thomson Reuters. bestprofit
Sumber : Liputan6

Best Profit | Harga Minyak Mentah Akhir Pekan Merosot; Mingguan Anjlok 4,5 Persen

Best Profit (9/10) – Harga minyak mentah turun sekitar 3 persen pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (07/10), terganjal profit taking pekan ini dan kembalinya kelebihan pasokan menyebabkan pasar melemah, menghentikan aksi bullish selama beberapa minggu.
Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 2,95 persen, berakhir di $ 49,29, menhentikan kenaikan empat minggu berturut-turut. Harga minyak ditutup hampir 4,5 persen pada minggu ini sebagai terburuk sejak 10 Maret.
Prospek pemotongan produksi minyak yang meluas oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan produsen lainnya yang dipimpin oleh Rusia telah mendukung harga pada hari Kamis. best profit
 
Namun pada hari Jumat, Rusia mengklarifikasi komentar mengenai pasar minyak yang dibuat oleh Presiden Vladimir Putin awal pekan ini, dengan mengatakan bahwa dia tidak mengusulkan untuk memperpanjang kesepakatan pemotongan produksi minyak global namun mengatakan bahwa dia mengetahui bahwa ini adalah sebuah kemungkinan.
Menteri energi Arab Saudi mengatakan pada hari Kamis bahwa dia fleksibel untuk memperpanjang pakta pengendalian produksi sampai akhir 2018.
Namun, kekhawatiran mengenai pertumbuhan ekspor minyak mentah A.S., yang didorong oleh diskon WTI yang lumayan untuk harga Brent.
Dolar AS yang lebih kuat juga menyebabkan kerugian lebih lanjut di pasar minyak pada hari Jumat. Dolar mencapai level tertinggi 10 minggu setelah data menunjukkan kenaikan terbesar dalam gaji A.S. sejak Desember 2016 meningkatkan taruhan pada kenaikan suku bunga pada akhir tahun. best profit
 
Data pemerintah A.S. menunjukkan minggu ini bahwa ekspor minyak mentah telah meningkat menjadi rekor hampir 2 juta barel per hari. Analis mengatakan kepada CNBC bahwa mereka memperkirakan tingkat ekspor akan tetap meningkat dalam beberapa minggu mendatang.
Minyak mentah berjangka menahan kerugian setelah perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes melaporkan jumlah kilang minyak yang beroperasi di lapangan A.S. turun 2 di minggu terakhir. Jumlah kilang berada di 748, dibandingkan dengan 428 pada saat ini tahun lalu. best profit
 
Investor melihat badai tropis Nate berdampak pada beberapa produksi minyak di Teluk Meksiko menjelang kedatangannya yang diharapkan di daerah tersebut sebagai badai pada hari Minggu.
Di Teluk Meksiko, BP dan Chevron menutup produksi di semua platform, sementara Royal Dutch Shell dan Anadarko Petroleum menghentikan beberapa aktivitas. Exxon Mobil, Statoil dan produsen lainnya telah menarik personel. best profit
 
Sumber : Vibiznews

PT Bestprofit | CIA: Kim Jong Un tidak gila

PT Bestprofit (6/10) – Antara eksekusi tanpa kejam terhadap perwira seniornya sendiri, ancaman bom atom terhadap pembasmian nuklir dan uji coba rudal yang menantang, mungkin mudah untuk menyetujui penilaian terakhir Presiden Donald Trump bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un adalah “orang gila” yang “melakukan bunuh diri misi untuk dirinya sendiri. “
Namun pejabat tinggi CIA mengatakan pada hari Rabu bahwa tindakan Kim bukanlah tindakan provokator dari maniak, melainkan “aktor rasional” yang dimotivasi oleh tujuan jangka panjang yang jelas yang berkisar untuk menjamin kelangsungan hidup rezim.
“Ada kejelasan tujuan apa yang telah dilakukan Kim Jong Un,” menurut Yong Suk Lee, wakil asisten direktur Pusat Misi Korea CIA, yang membahas ketegangan yang meningkat antara Korea Utara dan AS dalam sebuah konferensi yang diselenggarakan oleh badan tersebut di Universitas George Washington.
“Bangun suatu pagi dan memutuskan dia ingin nuke” Los Angeles bukanlah sesuatu yang Kim Jong Un mungkin lakukan, kata Lee. “Dia ingin memerintah untuk waktu yang lama dan mati dengan damai di tempat tidurnya sendiri.”
Dan untuk perwira CIA, diplomat dan anggota parlemen yang bertugas memanfaatkan intelijen untuk melindungi AS dan sekutu-sekutunya dari ancaman keamanan yang diajukan oleh Korea Utara, memahami bahwa tujuan tersebut dapat terbukti menjadi kunci dalam menghindari konflik militer yang berpotensi menghancurkan.
Upaya pimpinan AS untuk menerapkan tekanan diplomatik tambahan di Korea Utara dalam beberapa bulan terakhir telah mendapat banyak perlawanan karena rezim Kim terus melangkah menuju realisasi ambisi nuklirnya. pt bestprofit
 
Terlepas dari jaminan dari Menteri Pertahanan James Mattis dan Sekretaris Negara Rex Tillerson bahwa AS terus mengupayakan sebuah resolusi damai, kedua belah pihak dengan terang-terangan mengindikasikan bahwa mereka siap atau bersedia melakukan perundingan serius.
Pesan campuran yang berasal dari administrasi Trump juga terus menimbulkan pertanyaan tentang pendekatan AS ke Korea Utara.
Trump telah berulang kali melemahkan komentar yang dibuat oleh pejabat puncaknya dan secara terbuka terlibat dalam perang kata-kata dengan Kim yang telah beralih ke penghinaan dan pemanggilan nama – hanya menimbulkan ketakutan akan konflik militer akhirnya.
“Ketika mereka mendengar apa yang datang dari Presiden, saya pikir itu beresonansi dengan mereka,” kata Duta Besar Joseph R. DeTrani, yang sebelumnya bertugas di Departemen Luar Negeri sebagai Utusan Khusus untuk Pembicaraan Enam Pihak dengan Korea Utara.
“Tapi mereka juga tahu kita punya proses dan saya pikir saat ini mereka sedang menyelidik,” katanya.
Tapi sementara Trump terus mengecek Kim sebagai seorang diktator irasional, pejabat CIA mengatakan bahwa komunitas intelijen memandang tindakan pemimpin Korea Utara melalui lensa yang berbeda.
“Orang terakhir yang menginginkan konflik di semenanjung sebenarnya adalah Kim Jong Un,” kata Lee. “Kami memiliki kecenderungan di negara ini dan tempat lain untuk meremehkan konservatisme yang berjalan dalam rezim otoriter ini.” pt bestprofit
 
Sementara Kim mungkin tidak menginginkan perang dengan AS, dia melihat strategi untuk mengabadikan hubungan konfrontatif sebagai kunci untuk mempertahankan cengkeramannya atas kekuasaan, menurut Lee dan Michael Collins, wakil direktur direktur pusat misi Asia Timur dan Pasifik di CIA.
“Korea Utara adalah organisme politik yang tumbuh subur dalam konfrontasi,” kata Lee.
Sejak menggantikan ayahnya di tahun 2011, kenaikan Kim dari pemula politik ke operator yang mahir berasal dari komitmen untuk mengkonsolidasikan kekuasaan di dalam rezimnya sendiri dan mengubah Korea Utara menjadi negara nuklir.
Secara internal, Kim telah menunjukkan kemauan untuk membersihkan orang-orang yang mungkin menjadi ancaman bagi pemerintahannya.
Satu laporan dari sebuah lembaga pemikir Korea Selatan, Institute for National Security Strategy, mengklaim bahwa dia telah memerintahkan eksekusi setidaknya 340 orang sejak dia berkuasa – 140 di antaranya adalah perwira senior di pemerintah negara, militer dan penguasa Pekerja Korea Pesta.
Pada tahun 2013 dia mengeksekusi pamannya sendiri, Jang Song Thaek. Dengan membuatnya sangat terlihat, dengan media pemerintah yang menyatakan bahwa Jang “pengkhianat untuk segala usia,” Kim memastikan bahwa tidak ada perbedaan pendapat dengan keputusan tersebut.
Dia juga dituduh memerintahkan pembunuhan saudara tirinya, Kim Jong Nam, awal tahun ini di Malaysia namun Korea Utara telah berulang kali membantah keras keterlibatannya. pt bestprofit
 
Sementara kejam dan kejam, perilaku Kim sesuai dengan profil seorang pemimpin yang bertindak karena kepentingan dirinya sendiri, bukan emosi atau dorongan hati, kata Lee – sebuah tema yang konsisten dalam berurusan dengan AS juga.
“Tujuan jangka panjang Kim adalah mencapai kesepakatan kekuatan besar dengan AS dan untuk menyingkirkan kehadiran AS dari semenanjung,” kata Lee, menambahkan bahwa dia ingin membuat Korea Utara relevan di panggung global lagi.
Namun upaya Kim untuk mengembangkan senjata nuklir jangka panjang yang andal telah lama berkonflik dengan prioritas keamanan AS dan sekutu-sekutunya di kawasan ini – sebuah kekhawatiran yang telah menjadi lebih mendesak dalam beberapa bulan terakhir setelah beberapa uji coba rudal dan nuklir yang berhasil .
“Korea Utara jelas menguji kesabaran AS dan masyarakat internasional,” kata Collins. “Dengan setiap peningkatan eskalasi, mereka menaikkan ambang batas untuk Amerika Serikat dan pihak lain untuk menerima atau menolaknya.”
Namun Kim tampaknya tidak terpengaruh oleh ancaman Trump meskipun Presiden AS mengatakan kepada Majelis Umum PBB bulan lalu bahwa Kim “dalam misi bunuh diri untuk dirinya sendiri dan untuk rezimnya.” pt bestprofit
 
Tindakan Kim menunjukkan bahwa dia tidak lagi dibatasi oleh kekhawatiran bahwa China mungkin akan melepaskan dukungannya untuk rezimnya atau bahwa AS akan melancarkan serangan militer – dua faktor utama yang telah membuat Pyongyang berani di masa lalu, menurut Lee.
Tak terbatas oleh ketakutan tersebut, situasi “menjadi toleransi akan kehendak,” kata Lee, menambahkan sekarang pertanyaannya adalah “seberapa jauh Kim Jong Un pergi?”
Collins dan Lee sama-sama menekankan bahwa China masih dapat memiliki pengaruh signifikan terhadap Korea Utara namun mengatakan Beijing harus membuat pilihan untuk memprioritaskan hubungannya dengan AS mengenai manfaat strategis dukungan Pyongyang.
“Tujuan strategis China adalah untuk membuat AS frustrasi dan mempertahankan pembagian semenanjung,” kata Lee, menambahkan bahwa AS harus terus menunjukkan kepada Beijing dan Pyongyang bahwa semua opsi tetap berada di atas meja melalui pertunjukkan kekuatan militer.
“Pertama dan terutama, situasi dengan Korea Utara adalah ujian yang diinginkan China dalam hubungannya dengan AS,” Collins menambahkan.
Menurut Collins, komunitas intelijen saat ini sedang bergumul dengan pertanyaan terkait tekad Korea Utara dan memantau bagaimana pemain utama di wilayah tersebut menanggapi provokasi Pyongyang dalam upaya untuk mengukur seberapa jauh rezim Kim bersedia untuk mendorong amplop tersebut.
Kim tetap tidak mungkin secara sengaja memulai perang dengan AS atau sekutu-sekutunya seperti Korea Selatan karena hal itu hampir dapat mengakibatkan kehancurannya sendiri, menurut Collins dan Lee, namun kedua pejabat CIA tersebut mengatakan bahwa mereka mengantisipasi ketegangan dengan Korea Utara akan terus berlanjut. risiko salah perhitungan dari kedua belah pihak.
“Angkatan Laut Korea Selatan dan Korea Utara akan saling berhubungan setiap hari … ada potensi konflik kapan saja,” kata Lee.
“Kami bisa menemukan sesuatu,” kata DeTrani, mencatat sebuah skenario potensial di mana AS menembak sebuah rudal Korea Utara yang dianggap sebagai ancaman yang akan segera terjadi dan mendorong tanggapan dari Pyongyang.
Dan sementara prospek serangan mendahului Korea Utara di AS atau salah satu sekutunya tetap tidak mungkin, DeTrani mengakui bahwa “ada perasaan bahwa Korea Utara tidak dapat diprediksi jika dimasukkan ke dalam sebuah sudut.” pt bestprofit
 
Sumber : CNN

Bestprofit | Perjelas Citra ‘Mesin Kehidupan’, 3 Ilmuwan Raih Nobel Kimia 2017

Bestprofit (5/10) – Penghargaan Nobel di bidang Kimia diberikan kepada tiga ilmuwan atas karyanya dalam memperbaiki citra molekul biologis. Mereka adalah Jacques Dubochet, Joachim Frank, dan Richard Henderson.
Ketiga ilmuwan itu mengembangkan sebuah teknik yang disebut mikroskop cryo-elektron. Teknik tersebut menyederhanakan proses dalam melihat ‘mesin kehidupan’.
Dikutip dari BBC, Rabu (4/10/2017), proses tersebut memungkinkan blok bangunan molekuler makhluk hidup dapat diabadikan di pertengahan pegerakan. Hal itu memungkinkan para ilmuwan untuk memvisualisasikan proses yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Kepada para awak media melalui saluran telepon, Joachim Frank mengatakan bahwa sumbangsih teknik tersebut terhadap penggunaan praktis sangat besar.
Para komite Nobel mengatakan bahwa karya tersebut telah memindahkan biokimia ke era baru. bestprofit
 
Joachim Frank adalah ilmuwan asal Jerman. Ia membuat teknologi lebih mudah diterapkan dalam pengaturan umum dalam memproses gambar molekul sedemikian rupa sehingga gambar dua dimensi bisa berubah menjadi struktur tiga dimensi yang tajam.
Ilmuwan kedua, Jacques Dubochet, berhasil mendinginkan air dengan sangat cepat sehingga bisa dipadatkan di sekitar sampel biologis. Dengan teknik tersebut, ilmuwan Swiss itu memungkinkan bentuk alami sampel terawetkan.
Sementara itu ilmuwan kelahiran Edinburgh, Richard Henderson, berhasil menampilkan struktur molekul bakteri dalam resolusi atom.
Sebelum pemenang Nobel Kimia diumumkan, komite Nobel telah mengumumkan peraih penghargaan tersebut di bidang kedokteran dan fisika. bestprofit
 
Penghargaan Nobel 2017 di bidang kedokteran diberikan kepada tiga ilmuwan atas penemuannya dalam mekanisme molekuler yang mengendalikan ritme sirkadian atau jam biologis.
Ketiga ilmuwan tersebut, Jeffrey C Hall, Michael Rosbash, dan Michael W Young, mengungkap bagaimana tanaman, hewan, dan manusia menyesuaikan ritme biologisnya dengan menggunakan sinar matahari melalui teknologi khusus di dalam tubuh.
Dilansir dari The Independent, penelitian yang mereka lakukan itu membantu mengungkap salah satu misteri utama kehidupan manusia, yakni mengapa kita perlu tidur dan bagaimana hal itu terjadi. bestprofit
 
Sementara itu Nobel Fisika 2017 diberikan kepada tiga ilmuwan AS. Ketiga ilmuwan itu berhasil mendeteksi adanya gelombang gravitasi. Mereka adalah Rainer Weiss, Kip Thorne, dan Barry Barish, peneliti dari observatorium Ligo-Virgo.
Gelombang gravitasi pertama kali diprediksi oleh fisikawan terkemuka, Albert Einstein. Hal tersebut merupakan konsekuensi dasar dari Teori Relativitas Umum.
Meskipun dihasilkan oleh peristiwa besar, seperti penggabungan dua lubang hitam, Einstein memperkirakan bahwa gelombang gravitasi terlalu kecil untuk dapat terdeteksi teknologi.
Namun ketiga penerima Penghargaan Nobel itu berhasil memimpin pengembangan sistem berbasis laser yang bisa mencapai kepekaan yang dibutuhkan untuk mendeteksi gelombang tersebut. bestprofit
 
Sumber : Liputan6