Harga Emas Naik Tipis Terpicu Ketidakpastian Politik Eropa | Bestprofit

Bestprofit (15/3) – Harga emas naik tipis pada akhir perdagangan hari Rabu dinihari (15/03) terpicu ketidakpastian politik di Eropa, yang diimbangi oleh ekspektasi kenaikan suku bunga AS.
Harga emas spot LLG naik tipis sebesar 0,1 persen menjadi $ 1.204,53 per ons dengan investor menunggu dan melihat pendekatan menjelang pertemuan Fed.
Harga emas berjangka AS naik 0,1 persen pada $ 1,204.30 per ons.
Investor fokus pada pemilihan umum Belanda Rabu, yang meningkatkan daya tarik safe haven emas. Partai untuk Kebebasan yang anti Islam dipandang sebagai memiliki sedikit kesempatan untuk berkuasa, namun kinerja pemilu yang kuat untuk koalisi akan memicu kekhawatiran atas hasil mengejutkan dalam pemilihan presiden Perancis pada bulan April dan Mei.
Di Inggris, kekhawatiran telah meningkat selama referendum kemerdekaan Skotlandia kedua dan pelaksanaan Pasal 50, yang secara resmi akan memulai negosiasi Inggris meninggalkan Uni Eropa.
Indeks dolar naik sekitar 0,3 persen, membuat emas lebih mahal yang dihargakan dalam dolar untuk investor non-AS. Dengan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve dipandang sebagai kesepakatan yang pasti dilakukan, fokus investor bergeser ke pesan apakah bank sentral AS akan memberikan sinyal berapa banyak kenaikan tahun ini pada pertemuan hari Rabu. Pada bulan Desember, Fed mdmperkirakan tiga kenaikan suku bungatahun ini.
Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga, yang meningkatkan biaya kesempatan memegang emas sementara dolar AS meningkat.
Emas mencapai lima pekan rendah pada hari Jumat tetapi pulih dengan cepat setelah laporan non-farm payrolls AS gagal memenuhi harapan tinggi, membebani dolar AS. Pemulihan cepat emas pada Jumat menggarisbawahi ketahanan.
Kepemilikan SPDR Gold Trust, emas terbesar di dunia yang didukung exchange-traded fund, naik 0,83 persen pada Senin.
Perak naik tipis 0,2 persen menjadi $ 16,98 per ons, platinum turun 0,1 persen menjadi $ 939,40 dan paladium turun 0,2 persen pada $ 747,75.
Sumber : Vibiznews
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s