Powell: Kasus untuk kenaikan suku bunga menguat dalam beberapa minggu terakhir | Bestprofit

BESTPROFIT (30/11) – Pasar tenaga kerja menunjukkan ekonomi berada “pada pijakan yang kokoh,” sementara inflasi mendekati target 2% bank sentral, menunjukkan bahwa bank sentral AS dapat menarik pelatuk untuk melakukan kenaikan suku bunga pertama tahun ini, kata Gubernur Federal Reserve Jerome Powell pada hari Selasa.
“Dalam pandangan saya, kasus untuk peningkatan suku bunga dana federal telah jelas menguat sejak pertemuan kami sebelumnya awal bulan ini,” kata Powell dalam pidato yang dipersiapkan untuk dikirimkan ke The Economic Club of Indiana di Indianapolis.
Powell mengatakan ekonomi telah “jelas menguat” sejak ” soft patch ” yang terlihat pada semester pertama tahun ini.
The Fed mendorong suku bunga lebih tinggi akhir tahun lalu, namun tetap berdiam diri untuk melakukan pergerkan lainnya terhadap suku bunga tahun ini mengingat gejolak pasar dan lemahnya paruh pertama dari perekonomian SA.
Namun, ekonomi telah menunjukkan semangat baru sejak musim panas. pertumbuhan produk domestik bruto AS menyentuh angka 3,2% pada kuartal ketiga, yang merupakan laju tercepat dalam lebih dari dua tahun.
Powell mengatakan jalur untuk suku bunga di masa mendatang akan tergantung pada perekonomian. The Fed telah mampu bersabar tentang menaikkan suku bunga, kata dia, tetapi ada kekhawatiran bahwa pergerakan yang terlalu lambat mungkin memaksa The Fed untuk mengetatkan kebijakan secara “tiba-tiba” di kemudian hari.
Komentar Powell sesuai dengan speaker Fed lainnya dalam beberapa hari terakhir.
Dalam testimoni kepada Kongres pada pertengahan November, Ketua Fed Janet Yellen mengatakan Fed mungkin menaikkan suku bunga “secara relatif dengan segera”.
Sebagai hasil dari pernyataan Yellen, pasar sekarang melihat probabilitas hampir 100% dari kenaikan suku bunga sebesar seperempat poin persentase pada pertemuan Fed berikutnya pada 13-14 Desember nanti, menurut CME Group FedWatch Tool. (sdm)
Sumber: MarketWatch
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s