Ingin Tahu Kenapa Daya Baterai Ponsel Cepat Habis? Ini Alasannya | PT BESTPROFIT FUTURES

BESTPROFIT FUTURES (3/10) – Entah kamu menggunakan smartphone Samsung, HTC, LG, Motorola, Google, atau pabrikan Android lainnya, masalah baterai Android selalu menjadi momok tersendiri.
Walau banyak pabrikan smartphone Android memberikan solusi dengan menghadirkan kapasitas baterai yang lebih besar, hal tersebut justru hanya menjadi solusi sementara.
Lalu apa yang menjadi alasan baterai ponsel kamu cepat habis dan tak mampu bertahan selama satu hari penuh? Mengutip dari berbagai sumber, tim Tekno Liputan6.com sajikan apa penyebabnya.
1. Aplikasi yang Mubajir
Selain aplikasi yang memang boros, salah satu kebiasaan buruk pengguna Android adalah terlalu banyak aplikasi yang dibuka bersamaan.
Walau memudahkan untuk akses aplikasi, secara tak sadar hal tersebut justru menggerogoti baterai ponsel pengguna.
2. Terlalu Banyak Widget
Widget yang kamu taruh di homescreen memang berguna sebagai cara cepat untuk menampilkan berbagai informasi mulai dari berita hingga cuaca.
Namun, terlalu banyak widget berpotensi memenuhi layar dan boros daya. Ada baiknya untuk memilih widget yang benar-benar kamu butuhkan, yang tidak terlalu dibutuhkan bisa kamu nonaktifkan. Langkah ini seharusnya bisa sedikit membantu menghemat pemakaian baterai.
3. Menyalakan Modus Kecerahan Otomatis
Semua smartphone memiliki fitur pengendali kecerahan layar secara otomatis, namun pengaturannya tak selalu tepat.
Nah, pengguna dapat mengatur tingkat kecerahan secara manual dengan mematikan opsi “auto” yang biasanya tersedia. Dengan melakukan hal ini, pengguna dapat mengoptimalkan efisiensi sembari mengurangi efek negatif cahaya bluelight dari perangkat.
4. Suhu yang Panas
Smartphone hendaknya tidak terpapar sinar matahari atau sumber panas lainnya secara langsung. Sebab satu yang perlu diperhatikan adalah temperaturnya.
Meningkatnya suhu perangkat tidak selalu karena beban kerja prosesor yang tinggi, tetapi bisa juga berasal dari faktor eksternal. Jika ponsel terlalu sering panas, maka baterai akan cenderung kehilangan performa optimalnya seiring waktu.
Selamat mempraktekkan!
(Msu/Ysl)
Sumber : Liputan6
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s