The Fed Sinyalkan Kenaikan Suku Bunga AS di Desember | PT BESTPROFIT FUTURES

BESTPROFIT FUTURES (22/9) – Federal Reserve AS mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuan Kamis dinihari tadi (22/09) tetapi memberikan sinyal kuat untuk pengetatan kebijakan moneter pada akhir tahun ini karena pasar tenaga kerja membaik lebih lanjut.
federal-reserve-hq-300x225
Ketua Fed Janet Yellen, berbicara setelah pernyataan kebijakan terbaru bank sentral, mengatakan pertumbuhan AS sedang terlihat kuat dan tingkat kenaikan akan diperlukan untuk menjaga perekonomian kuat dan memicu inflasi tinggi.
“Kami menilai bahwa kesempatan untuk peningkatan telah menguat tetapi memutuskan untuk saat ini menunggu,” kata Yellen dalam konferensi pers.“Perekonomian memiliki sedikit lebih banyak ruang untuk bergerak.”
Yellen mengatakan ia berharap satu tingkat meningkat tahun ini jika pasar kerja terus meningkat dan risiko baru yang besar tidak timbul.
The Fed mempertahankan suku bunga tetap dalam kisaran 0,25 persen hingga 0,50 persen, di mana telah menaikkan tarif pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.
Bank sentral telah muncul semakin terbagi atas urgensi menaikkan suku bunga. Pada hari Rabu, Presiden Fed Kansas City Esther George, Presiden Fed Cleveland Loretta Mester dan Presiden Fed Boston Eric Rosengren berbeda pendapat tentang pernyataan kebijakan, dengan mengatakan mereka lebih memilih menaikkan suku bunga minggu ini.
Pada saat yang sama, para pembuat kebijakan memangkas jumlah kenaikan suku bunga yang mereka harapkan tahun ini untuk satu dari dua sebelumnya, menurut proyeksi median dari perkiraan dirilis dengan pernyataan itu. Tiga dari 17 pembuat kebijakan mengatakan suku bunga harus tetap stabil untuk sisa tahun ini.
The Fed juga memproyeksikan kenaikan kurang agresif suku bunga tahun depan dan tahun 2018, dan memangkas lagi perkiraan suku bunga menjadi 2,9 persen dari 3,0 persen.
Investor tampaknya tidak signifikan menggeser taruhan mereka pada waktu kenaikan suku bunga berikutnya. Harga Fed kontrak berjangka menyarankan investor terus melihat peluang hanya lebih baik dari bahkan mendaki pada pertemuan kebijakan bulan Desember, dan hampir tidak ada kesempatan peningkatan pada bulan November.
Desember lalu, The Fed mengisyaratkan bahwa empat tingkat kenaikan kemungkinan besar di tahun 2016, tapi diturunkan di Maret karena perlambatan pertumbuhan global, volatilitas pasar keuangan dan kekhawatiran tentang inflasi AS yang lemah.
Bank sentral muncul lebih percaya diri pada hari Rabu, mengatakan dalam pernyataannya bahwa risiko jangka pendek untuk prospek ekonomi “muncul kira-kira seimbang.” Itu berarti pembuat kebijakan berpikir ekonomi kemungkinan untuk mengungguli perkiraan.
Ekonomi tumbuh lambat pada kuartal kedua dan menambahkan pekerjaan lebih sedikit dari yang diharapkan pada bulan Agustus. Inflasi juga menunjukkan tanda-tanda campuran bulan lalu.
Keputusan The Fed, yang datang pada hari yang sama bahwa bank sentral Jepang menambahkan target suku bunga jangka panjang program pembelian aset besar-besaran di perbaikan kerangka kebijakan, secara luas diantisipasi oleh para ekonom.
Sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan probabilitas rata-rata kenaikan tingkat September adalah sekitar 25 persen. Hanya 6 persen dari mereka yang disurvei mengharapkan Fed untuk menaikkan suku bunga, dengan mayoritas percaya itu akan menunggu sampai Desember.
The Fed memiliki pertemuan kebijakan yang dijadwalkan pada awal November dan pertengahan Desember. Ekonom percaya pembuat kebijakan akan menghindari kenaikan suku bunga pada bulan November sebagian karena pertemuan jatuh hanya beberapa hari sebelum pemilihan Presiden AS.
Sumber : Vibiznews
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s